MD-RKP Desa Teluk Kabung

Gaung-(22/09/2019). Kapala Desa Teluk Kabung Kecamatan Gaung, Kabupaten Indragiri Hilir, Fakhrudin berharap rencana pembangunan tahun 2020 bisa berlanjut sesuai dengan apa yang diinginkan masyarakat.

Demikian disampaikan Fakhrudin saat menggelar Musyawarah Desa Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (MD-RKPDesa) tahun anggaran 2020 di Balai Desa.

"RKP ini bertujuan untuk usulan pembangunan pada tahun 2020 nanti bisa direalisasi dengan baik," sebut Fakhrudin.

saat musyawarah desa dihadiri Fasilitator Pemberdayaan Amiruddin, Fasilitator BUMDesa Wahyudi, Fasilitator Teknik Rudianto serta dihadiri Kepada Dusun dan tokoh masyarakat tempat.

Fakhrudin menegaskan, kepada tim penyusun RKP,  baik dari pembina, ketua, sekretaris agar penyusunan program ini betul-betul dilaksanakan. Semua usulan masyarakat ditampung agar bisa terialisasi pada tahun 2020 nanti. Namun Fakhrudin berharap tetap mengutamakan pengupayaan realisasi anggaran pengembangan BUMDesa.

"Pada tahun 2019 BUMDesa dibentuk dan pada tahun 2020 insya Allah akan berjalan dengan baik,  karena ini juga merupakan program utama Bupati HM Wardan. Maka dari itu saya akan fokus ke pengembangan BUMDesa agar PAD desa bisa maksimal," tegasnya. Ini juga tidak terlepas dari pemanfaatan potensi desa secara maksimal, efisien dan efektif dalam pembangunan desa menuju desa yang maju mandiri dan sejahtera.

Musyawarah ini sebagai instrumen penilaian kinerja perangkat desa, dalam mengukur efektivitas pelaksanaan tugasnya, serta sebagai instrumen akuntabilitas dan transparansi manajemen pamerintah desa dalam menyusun RKPDesa sebagai penjabaran RPJM Desa. Maka dari itu Amiruddin berharap RKPDesa mulai disusun oleh pemerintah Desa pada bulan Juli tahun berjalan melibatkan masyarakat setempat.

"RKPDesa ditetapkan dengan peraturan Desa paling lambat akhir bulan September tahun berjalan. RKP Desa menjadi dasar penetapan APBDesa. Maka perlunya Kades menyusun RKPDesa dengan mengikutsertakan masyarakat Desa, agar semua usulan masyarakat bisa ditampung," paparnya.


Potensi Desa

Potensi desa adalah segenap sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki desa sebagai modal dasar yang perlu dikelola dan dikembangkan bagi kelangsungan dan perkembangan desa.

Pelayanan Administrasi

Perangkat Desa Teluk Kabung siap melayani administrasi kependudukan dengan prinsip memudahkan dan cepat.

Transparansi Desa

Infografis Pemasukan dan Pengeluaran Keuangan Desa.

Mobile Friendly

Make your slide looks great on all screens, tablets and phones

Copyright © 2019 Desa Teluk Kabung